Sejarah dan Legenda Gunung Bromo

Sejarah dan Legenda Gunung Bromo

Sejarah Gunung Bromo

Sejarah dan Legenda Gunung Bromo | Cerita Rakyat Bromo | Suku Tengger Bromo

Di wilayah pegunungan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, ada beberapa tempat yang dikenal masyarakat selain Gunung Bromo sendiri masyarakat juga  mengenal adanya Gunung Batok, lautan pasir, dan kawah Gunung Bromo yang terkenal. Ternyata mereka punya asal-usul dan sejarah dalam bentuk legenda yang familiar.

Pada jaman dahulu ada seorang wanita cantik titisan para dewa bernama Rara Anteng. Pada jamanya banyak pria yang naksir pada wanita tersebut. Akan tetapi hatinya jatuh kepada Joko Seger. Dari sinilah sejarah cerita gunung bromo di mulai, sebelum menikah dengan Joko Seger tersebut, ada seorang penjahat sakti bernama Kyai Bima yang naksir kepada dirinya. Namun karena Roro Anteng tidak menyukainya, maka ia pun menolaknya secara halus dengan memberikan syarat dibuatnya lautan diatas gunung hanya dalam waktu satu malam.

Tanpa di duga Kyai Bima menyanggupinya. Dengan sekuat tenaga ia lautan dengan tempurung, dan lautan pasir yang saat ini disebut segara wedhi serta sumur raksasa untuk mengairi lautan pasir yang saat ini disebut kawah gunung Bromo. Melihat Kyai Bima hampir berhasil, hati Roro Anteng tidaklah tenang. Maka ia pun langsung beraksi dengan menumbuk padi sekeras mungkin agar para ayam berkokok yang menandakan pagi menjelang. Dan aksinya tersebut sukses. Mendengar kokokan ayam dan kicauan burung membuat Kyai Bima menyerah dan meninggalkan pekerjaannya. Pada akhirnya Roro Anteng kembali melanjutkan hubungannya dengan Joko Seger.

Joko Seger dan Roro anteng akhirnya Hidup bahagia dan mereka membuat suatu wilayah dan memimpin wilayah tersebut yang hingga saat ini Legenda dan Sejarah Gunung Bromo di atas disebut dengan nama suku Tengger Bromo. by wisatabromotour.com